Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13591
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Penjumlahan Melalui Permainan Dakon Pada Anak RA An-Nur Kecamatan Medan Tembung
Authors: Hudha, Nur
Keywords: Kemampuan;Penjumlahan
Issue Date: 29-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah kemampuan anak melakukan penjumlahan yang masih rendah, sehingga tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak dalam melakukan penjumlahan melalui permainan dakon pada anak RA An-Nur Kecamatan Medan Tembung agar anak dapat belajar dengan baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui permainan dakon dapat meningkatkan kemampuan anak dalam melakukan penjumlahan pada anak RA An-Nur Kecamatan Medan Tembung, dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan kemampuan anak dalam melakukan penjumlahan melalui permainan dakon di RA An-Nur Kecamatan Medan Tembung berhasil ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH, maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 25%, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya adalah 42,18%, pada siklus 2 terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 84,4%, selanjutnya pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 90,6%. Hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam penjumlahan melalui permainan dakon pada anak RA An-Nur Kecamatan Medan Tembung.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13591
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NUR HUDHA.pdf4.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.