Abstract:
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah kemampuan anak
melakukan penjumlahan yang masih rendah, sehingga tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan kemampuan anak dalam melakukan penjumlahan melalui permainan
dakon pada anak RA An-Nur Kecamatan Medan Tembung agar anak dapat belajar
dengan baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui
permainan dakon dapat meningkatkan kemampuan anak dalam melakukan
penjumlahan pada anak RA An-Nur Kecamatan Medan Tembung, dan jenis penelitian
yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dan pembahasan,
maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan kemampuan anak dalam
melakukan penjumlahan melalui permainan dakon di RA An-Nur Kecamatan Medan
Tembung berhasil ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya
peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah
dilakukan tindakan kelas. Ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH, maka
dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 25%,
selanjutnya siklus 1 rata-ratanya adalah 42,18%, pada siklus 2 terjadi peningkkatan
dengan rata-rata, 84,4%, selanjutnya pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak
adalah 90,6%. Hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa penelitian yang
telah dilakukan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam penjumlahan melalui
permainan dakon pada anak RA An-Nur Kecamatan Medan Tembung.