Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13587
Title: Efektivitas Model Pembelajaran Sinektik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen oleh Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2016-2017.
Authors: Angusti, Chicha
Keywords: Efektivitas Model Pembelajaran;Sinektik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen
Issue Date: 27-Apr-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membuat menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran sinektik dan untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan model eksperimen, dengan instrumen tes essai menulis cerpen dan angket respon siswa diberikan kepada kelas eksperimen. Pada penelitian ini yang akan menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Kabupaten Deli Serdang yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 123 siswa. Pengembilan sampel dilakukan dengan acak kelas maka diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Tes ini diujikan setelah siswa mengikuti pembelajaran menggunakan model sinektik dan konvensional, karena penelitian ini bersifat komperatif, maka rata-rata nilai variabel X1 dan X2 dibandingkan satu sama lain. Bedasarkan hasil analisis data dan uji statistik diperoleh hasil penelitian, kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran sinektik memperoleh nilai rata-rata 77,63; varians 57,13; simpangan baku 7,55; uji normalitas Lhitung < Ltabel atau 0,0381 < 0,1617 yang berarti populasi berdistribusi normal dan hasil persentase angket sebesar 66,04% siswa merespon positif pembelajaran. Sedangkan menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata 69,26; varians 94,47; simpangan baku 9,7 dan uji normalitas Lhitung < Ltabel atau 0,0107 < 0,1617 yang berarti populasi berdistribusi normal. Kedua kelas sampel dinyatakan homogen berdasarkan uji homogenitas Fhitung < Ftabel yaitu 1,653 < 1,860. Oleh karena itu, berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 3,848 > 1,671. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sinektik efektif digunakan terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2016-2017. Keefrektifan tersebut didukung oleh proses pemebelajaran kelas sampel, bahwa pada kelas eksperimen menerapkan langkah-langkah praktis yang mendorong siswa aktif belajar, sedangkan kelas kontrol tidak menerapkan langkah-langkah praktis yang dapat mengaktifkan siswa untuk belajar.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13587
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CHICHA ANGGUSTI.pdf317.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.