Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13566
Title: . Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi oleh Siswa Kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016- 2017. Skripsi. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Authors: Sari., Ita Purnama
Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran;Contextual Teaching and Learning
Issue Date: 27-Apr-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Budisatrya Medan Jl. Letda Sujono No. 166 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-1 dan kelas VII-4 Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 80 siswa. Kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning yaitu kelas VII-1 dengan jumlah 40 siswa, sedangkan kelas kontrol atau kelas yang menggunakan model pembelajaran ceramah yaitu kelas VII-4 dengan jumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa tes essai yaitu menulis cerita fantasi. Penelitian ini menggunakan uji t . Hasil penelitian di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning sangat baik. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan diketahui kemampuan menulis cerita fantasi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning yang menunjukkan bahwa 16 siswa (40%) mendapat nilai sangat baik, 14 siswa (35%) mendapat nilai baik, 10 siswa (25%)mendapat nilai cukup, tidak ada siswa yang mendapat nilai kurang dan tidak ada siswa yang gagal. Sementara itu, hasil penelitian di kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah kurang baik. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan diketahui kemampuan menulis cerita fantasi dengan menggunakan model ceramah yang menunjukkan bahwa 1 siswa (2,5%) mendapat nilai sangat baik, 14 siswa(35%) mendapat nilai baik, 8 siswa(20%) mendapat nilai cukup, 17 siswa (42,5%) mendapat nilai kurang dan tidak ada siswa yang gagal. Hipotesis yang diperoleh berbunyi “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan Menulis Cerita Fantasi”. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa H diterima, karena dari hasil pengujian hipotesis diketahui harga t >t =6,792>1,66462.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13566
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ITA PURNAMA SARI.pdf310.03 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.