Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran
contextual teaching and learning terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh
siswa kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Budisatrya Medan Jl. Letda Sujono
No. 166 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-1 dan kelas
VII-4 Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 80 siswa. Kelas eksperimen
atau kelas yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning
yaitu kelas VII-1 dengan jumlah 40 siswa, sedangkan kelas kontrol atau kelas yang
menggunakan model pembelajaran ceramah yaitu kelas VII-4 dengan jumlah 40
siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam
penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa tes essai yaitu menulis cerita
fantasi. Penelitian ini menggunakan uji t .
Hasil penelitian di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran
contextual teaching and learning sangat baik. Hal ini dibuktikan berdasarkan
perhitungan diketahui kemampuan menulis cerita fantasi yang diajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning yang
menunjukkan bahwa 16 siswa (40%) mendapat nilai sangat baik, 14 siswa (35%)
mendapat nilai baik, 10 siswa (25%)mendapat nilai cukup, tidak ada siswa yang
mendapat nilai kurang dan tidak ada siswa yang gagal. Sementara itu, hasil penelitian
di kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah kurang baik. Hal ini
dibuktikan berdasarkan perhitungan diketahui kemampuan menulis cerita fantasi
dengan menggunakan model ceramah yang menunjukkan bahwa 1 siswa (2,5%)
mendapat nilai sangat baik, 14 siswa(35%) mendapat nilai baik, 8 siswa(20%)
mendapat nilai cukup, 17 siswa (42,5%) mendapat nilai kurang dan tidak ada siswa
yang gagal. Hipotesis yang diperoleh berbunyi “Ada Pengaruh Model Pembelajaran
Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan Menulis Cerita Fantasi”.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa H diterima, karena dari hasil
pengujian hipotesis diketahui harga t >t =6,792>1,66462.