Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13441
Title: Upaya Meningkatkan Kedisiplian Anak Melalui Metode Bercerita Di RA Al-Juhdi Kecamatan Padang Bujur Kabupaten Padang Lawas Utara
Authors: Asmeri
Keywords: Kedisiplinan;Bercerita
Issue Date: 28-Oct-2017
Abstract: Penelitian yang berjudul UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI RA AL-JUHDI KECAMATAN PADANG BUJUR KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA dilatar belakangi oleh masih belum berkembangnya sikap disiplin anak di RA Al-Juhdi Kecamatan Padang Bujur Kabupaten Padang Lawas Utara hal ini dapat dilihat dari prilaku anak yang sering datang terlambat kesekolah dan sering buang sampah sembarangan. Penelitian dalam bentuk tindakan kelas ini (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak melalui metode bercerita di RA Al-Juhdi Kecamatan Padang Bujur Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode bercerita dapat meningkatkan kedisiplinan anak RA Al-Juhdi Kecamatan Padang Bujur Kabupaten Padang Lawas Utara. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan ratarata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kedisiplinan anak yaitu pada pra siklus 23,3%, selanjutnya siklus 1 rataratanya 45%, siklus 2 rata-ratanya 76,6% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dapat meningkatkan kedisiplinan anak RA Al-Juhdi Kecamatan Padang Bujur Kabupaten Padang Lawas Utara.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13441
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ASMERI.pdf4.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.