Abstract:
Penelitian yang berjudul UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK
MELALUI METODE BERCERITA DI RA AL-JUHDI KECAMATAN PADANG BUJUR
KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA dilatar belakangi oleh masih belum
berkembangnya sikap disiplin anak di RA Al-Juhdi Kecamatan Padang Bujur Kabupaten
Padang Lawas Utara hal ini dapat dilihat dari prilaku anak yang sering datang terlambat
kesekolah dan sering buang sampah sembarangan. Penelitian dalam bentuk tindakan
kelas ini (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak melalui metode bercerita
di RA Al-Juhdi Kecamatan Padang Bujur Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini
terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode bercerita dapat
meningkatkan kedisiplinan anak RA Al-Juhdi Kecamatan Padang Bujur Kabupaten
Padang Lawas Utara. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan ratarata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas.
Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan
peningkatan kedisiplinan anak yaitu pada pra siklus 23,3%, selanjutnya siklus 1 rataratanya 45%, siklus 2 rata-ratanya 76,6% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak
adalah 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui
metode bercerita dapat meningkatkan kedisiplinan anak RA Al-Juhdi Kecamatan Padang
Bujur Kabupaten Padang Lawas Utara.