Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13379
Title: Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Maze di RA Al Ikhlas Desa Dolok Sagala Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai
Authors: Nurhayati
Keywords: Perkembangan Kognititf;Permainan Maze
Issue Date: Mar-2017
Abstract: Rendahnya kognitif anak dalam permainan maze di RA Al Ihksan Dolok Sagala menjadikan anak kurang kreatif. Hal ini disebabkan kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan media yang bervariasi serta metode ceramah yang mendominasi pada pembelajaran kognitif di RA Al Ikhlas Dolok Sagala. Selain itu media yang digunakan juga kebanyakan berupa lembar kerja serta minimnya pembelajaran yang bisa menggali kemampuan kognitif anak serta kurangnya keterlibatan anak dalam penggunaan alat peraga yang bisa mengasah kemampuan kognitif anak. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui permainan maze di RA Al Ikhlas Desa Dolok Sagala Kecamatan Dolok Masihul Kebupaten Serdang Bedagai. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, untuk mendapatkan data dan analisis melalui unjuk kerja dan observasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak di RA Al Ikhlas Desa Dolok Sagala Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pelajaran 2016-2017. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu hasil penilaian lembar kerja anak dan dokumentasi. Hasil analisis data pada grafik prasiklus yang berhasil mencapai rata-rata 31.66%, siklus I 48.33%, Siklus II 66.66% dan siklus III 96.66%. Simpulan penelitian ini adalah melalui permainan maze dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak di RA Al Ikhlas Desa Dolok Sagala Kecamatan Dolok Masihul Kebupaten Serdang Bedagai.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13379
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURHAYATI CD ( PDF ).pdf1.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.