Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13201
Title: Analisis Keterbacaan Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan Menggunakan Formula Grafik Fry.
Authors: Yossyanti, Mila
Keywords: Keterbacaan;Buku Siswa;Wacana;Grafik Fry
Issue Date: 27-Oct-2020
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan wacana yang terdapat pada buku siswa bahasa Indonesia kelas X Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dan wacana yang sesuai untuk siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode kualitatif untuk analasis pengakajian dan metode kuantitatif untuk pengkajian grafik Fry. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumen wacana di dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan formula grafik Fry. Teks wacana yang menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini ialah sebanyak 15 wacana. Terdapat dua hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini. Pertama, hasil tingkat keterbacaan menunjukkan terdapat 6 wacana yang sesuai keterbacaannya untuk kelas X dan 9 wacana lainnya tidak sesuai. Kedua,dilihat dari hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa Buku Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 memiliki keterbacaan tidak sesuai dengan tingkatan kelas X, karena wacana yang sesuai untuk kelas X terhitung lebih sedikit dibandingkan dengan wacana yang tidak sesuai.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13201
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MILA YOSSYANTI.pdf10.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.