Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13193
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Sederhana Anak Melalui Strategi Pembelajaran Open Inquiry di RA Al-Husna Kec. Air Batu Kab. Asahan
Authors: Yusniati, Eni Eka
Keywords: Sains Sederhana;Open Inquiry
Issue Date: 2017
Abstract: Penelitian yang berjudul UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS SEDERHANA ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN OPEN INQUIRY DI RA AL-HUSNA KECAMATAN AIR BATU KABUPATEN ASAHAN dilatar belakangi oleh masih belum berkembangnya kemampuan sains sederhana anak di RA Al-Husna Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan ini ditandai dari rendahanya kemampuan anak dalam menentukan benda yang dapat terapung atau tenggelam, anak belum mampu memperkirakan benda yang dapat larut atau tidak larut dalam air serta anak belum mampu menceritakan tentang pencampuran warna. Penelitian dalam bentuk tindakan kelas ini (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains sederhana anak melalui metode pembelajaran open inquiry yang terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode pembelajaran open inquiry dapat meningkatkan kemampuan sains sederhana anak di RA Al-Husna Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan sains sederhana anak yaitu pada pra siklus 22,2%, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 53,3%, Siklus 2 rata-ratanya 73,3% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran open inquiry dapat meningkatkan kemampuan sains sederhana anak.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13193
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ENI.pdf11.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.