Abstract:
Penelitian yang berjudul UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS
SEDERHANA ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN OPEN INQUIRY DI
RA AL-HUSNA KECAMATAN AIR BATU KABUPATEN ASAHAN dilatar belakangi
oleh masih belum berkembangnya kemampuan sains sederhana anak di RA Al-Husna
Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan ini ditandai dari rendahanya kemampuan
anak dalam menentukan benda yang dapat terapung atau tenggelam, anak belum
mampu memperkirakan benda yang dapat larut atau tidak larut dalam air serta anak
belum mampu menceritakan tentang pencampuran warna. Penelitian dalam bentuk
tindakan kelas ini (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains sederhana
anak melalui metode pembelajaran open inquiry yang terdiri dari tiga siklus dengan
tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa melalui metode pembelajaran open inquiry dapat
meningkatkan kemampuan sains sederhana anak di RA Al-Husna Kecamatan Air
Batu Kabupaten Asahan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan
rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan
kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan
peningkatan kemampuan sains sederhana anak yaitu pada pra siklus 22,2%,
selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 53,3%, Siklus 2 rata-ratanya 73,3% dan pada siklus 3
rata-rata yang diperoleh anak adalah 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran open inquiry dapat
meningkatkan kemampuan sains sederhana anak.