Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13175
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Anak Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Di RA Al-Hafizh Kecamatan Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan
Authors: Masdelina
Keywords: Model Pembelajaran Guided Discovery;Konsep Bilangan
Issue Date: 3-Nov-2017
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak melalui model pembelajaran Guided Discovery di RA Al-Hafiz Kecamatan Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak melalui model pembelajaran Guided Discovery Di RA Al-Hafizh Kecamatan Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Hafizh dengan obyek anak-anak RA yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 8 orang dan anak perempuan 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan konsep bilangan anak. Peningkatan kemampuan konsep bilangan anak, meningkat secara bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 20%, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil rata-rata kemampuan konsep bilangan anak sebesar 45 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 73,3 %. Pada siklus 3 diperoleh hasil rata-rata kemampuan konsep bilangan anak sebesar 87,5 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak RA Al-Hafizh Kecamatan Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13175
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi masdelina.pdf1.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.