Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan
kemampuan konsep bilangan anak melalui model pembelajaran Guided Discovery di
RA Al-Hafiz Kecamatan Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan. Tujuan
penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak melalui model
pembelajaran Guided Discovery Di RA Al-Hafizh Kecamatan Padang Sidimpuan
Utara Kota Padang Sidimpuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Hafizh
dengan obyek anak-anak RA yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari anak
laki-laki berjumlah 8 orang dan anak perempuan 12 orang. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi yang dilakukan oleh peneliti
dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini
adalah terjadi peningkatan kemampuan konsep bilangan anak. Peningkatan
kemampuan konsep bilangan anak, meningkat secara bertahap pada kondisi awal
sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 20%,
sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil rata-rata kemampuan konsep bilangan anak
sebesar 45 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 73,3 %. Pada siklus 3
diperoleh hasil rata-rata kemampuan konsep bilangan anak sebesar 87,5 %.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model
pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan
anak RA Al-Hafizh Kecamatan Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan