Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13170
Title: Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Pemanfaatan Multimedia pada Kelompok B di RA Muslimat Al Washliyah Kabanjahe
Authors: Arwina, Helfi Ari
Keywords: kreativitas;playdough
Issue Date: Mar-2017
Abstract: Pengembangan kognitif dan bahasa anak dimaksudkan agar anak lebih mengembangkan kecakapannya dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ia hadapi dan bagaimana anak dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dengan keberagaman kosakata yang dimilikinya. Mulimedia merupakan pemanfaatan berbagai media untuk menyampaikan informasi. Pemanfaatan multimedia dilakukan untuk memberikan pengalaman konkrit, motivasi belajar serta mempertinggi daya serap belajar siswa. Jadi dalam pembelajaran siswa pemanfaatan multimedia dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat berbagai bentuk dari playdough agar siswa lebih tertarik dalam mempelajarinya. Maka yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah “ bagaimana meningkatkan kreativitas anak melalui pemanfaatan multimedia pada kelompok B di RA Muslimat Al Washliyah Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo?”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, dan yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 15 orang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelompok B RA Muslimat Al Washliyah Kabanjahe dapat disimpulkan bahwa metode yang diterapkan berhasil. Dari hasil observasi dan penilaian pada PTK ini, bahwa adanya peningkatan Kreativitas anak melalui pemanfaatan multimedia di Kelompok B yaitu sebelum tindakan sebanyak 3,3% , setelah siklus I meningkat menjadi 53,25%, setelah siklus II menjadi 81,60% dan siklus III menjadi 99,95%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13170
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI HELFI ARI ARWINA.pdf3.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.