Abstract:
Pengembangan kognitif dan bahasa anak dimaksudkan agar anak lebih
mengembangkan kecakapannya dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ia
hadapi dan bagaimana anak dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya
dengan keberagaman kosakata yang dimilikinya.
Mulimedia merupakan pemanfaatan berbagai media untuk menyampaikan
informasi. Pemanfaatan multimedia dilakukan untuk memberikan pengalaman
konkrit, motivasi belajar serta mempertinggi daya serap belajar siswa. Jadi dalam
pembelajaran siswa pemanfaatan multimedia dapat meningkatkan kreativitas
siswa dalam membuat berbagai bentuk dari playdough agar siswa lebih tertarik
dalam mempelajarinya.
Maka yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah “
bagaimana meningkatkan kreativitas anak melalui pemanfaatan multimedia pada
kelompok B di RA Muslimat Al Washliyah Kecamatan Kabanjahe Kabupaten
Karo?”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus,
dan yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B
yang berjumlah 15 orang.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelompok B
RA Muslimat Al Washliyah Kabanjahe dapat disimpulkan bahwa metode yang
diterapkan berhasil. Dari hasil observasi dan penilaian pada PTK ini, bahwa
adanya peningkatan Kreativitas anak melalui pemanfaatan multimedia di
Kelompok B yaitu sebelum tindakan sebanyak 3,3% , setelah siklus I meningkat
menjadi 53,25%, setelah siklus II menjadi 81,60% dan siklus III menjadi 99,95%.