Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13109
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRusmaini-
dc.date.accessioned2020-11-18T04:06:38Z-
dc.date.available2020-11-18T04:06:38Z-
dc.date.issued2017-01-29-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13109-
dc.description.abstractDalam pendidikan agama islam, surah Al-Fatihah merupakan surah yang paling sering di baca oleh siswa. Selain surah sebagai surah dalam sholat. Surah Al-Fatihah juga merupakan surah yang cukup pendek dan mudah diingat oleh siswa. Namun, keadaan siswa kelas IV SD Negeri 054902 Setungkit Kab. Langkat. Masih ada siswa yang belum mampu membaca surah Al- Fatihah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah, yaitu makhrijal huruf, melalui metode demonstrasi di Kelas IV SD Negeri 054902 Stungkit Kab. Langkat. Macam-macam metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah antara lain yaitu: Metode demonstrasi, pemberian tugas, latihan langsung dan lain-lain. Metode demonstrasi merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa yang dapat dipraktekkan, khususnya hasil belajar membaca surat Al-Fatihah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 054902 Setungkit Kab. Langkat Tahun Pelajaran 2016-2017. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan berapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; Adanya peningkatan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah siswa menggunakan metode demonstrasi yaitu pada pra siklus hasil belajar membaca surat Al-Fatihah adalah 24.24%. Pada siklus 1 hasil belajar membaca surat Al-Fatihah meningkat menjadi 51.52%. Pada siklus 2 hasil belajar membaca surat Al-Fatihah meningkat sampai angka 84.85%. Dari hasil observasi siklus 1 sampai siklus 2 maka metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar membaca surat Al-Fatihah siswa.en_US
dc.subjectMembaca Surat Al-Fatihahen_US
dc.subjectMetode Demonstrasien_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Surat AlFatihah Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas IV SD Negeri 054902 Stungkit Kab. Langkaten_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.