Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13057
Title: Upaya Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Menyesuaikan Warna dan Angka Pada Anak RA Alif Medan Helvetia
Authors: Mawarni, Sri
Keywords: Kognitif;Warna
Issue Date: Aug-2016
Abstract: Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas Mawar kelompok B.2 RA. Alif Kecamatan Medan Helvetia. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing terdiri atas empat tahap, yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah, bahwa melalui kegiatan penyesuain warna dan angka dapat meningkatkan kognitif anak di RA. Alif Kecamatan Medan Helvetia. Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan oleh anak dengan kategori berhasil apabila hasil belajar anak/kemampuan kognitif anak mencapai 80% dari seluruh anak dan pada seluruh indikator observasi dengan standart ketuntasan nilai minimal berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil analisis pada penelitian ini untuk indikator “Anak mengetahui jenis-jenis warna” bahwa pada pra siklus keberhasilan mencapai 31,25%, selanjutnya pada siklus I keberhasilan sebesar 56,25%, terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 100% dan begitu pula pada siklus III. Selanjutnya untuk indikator “Anak dapat mengikuti perintah guru menyesuaikan warna dan angka” keberhasilan yang diperoleh bahwa pada pra siklus keberhasilan mencapai 18,75%, selanjutnya pada siklus I keberhasilan sebesar 43,75%, terjadi peningkatan pada siklus II sebesar dengan keberhasilan sebesar 93,17%, selanjutnya pada siklus III keberhasilan mencapai100%. Pada Indikator ke tiga “Anak dapat menyesuaikkan warna berdasarkan angka” keberhasilan yang diperoleh pada pra siklus mencapai 18,75%, selanjutnya pada siklus I keberhasilan sebesar 25%, terjadi peningkatan pada siklus II dengan keberhasilan sebesar 75%, selanjutnya pada siklus III keberhasilan mencapai 87,5%. Peningkatan keberhasilan kelas atau rata-rata secara keseluruhan pada pra siklus sebesar 22,9%, pada siklus I 41,7%, pada siklus II 89,6%, namun masih ada pada satu indikator yang belum mencapai 80%, pada siklus III 95,8%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13057
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.