Abstract:
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas Mawar kelompok B.2
RA. Alif Kecamatan Medan Helvetia. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam
tiga siklus yang masing-masing terdiri atas empat tahap, yaitu, perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Adapun kesimpulan
yang dapat diambil dari penelitian ini adalah, bahwa melalui kegiatan penyesuain
warna dan angka dapat meningkatkan kognitif anak di RA. Alif Kecamatan
Medan Helvetia. Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan oleh anak dengan
kategori berhasil apabila hasil belajar anak/kemampuan kognitif anak mencapai
80% dari seluruh anak dan pada seluruh indikator observasi dengan standart
ketuntasan nilai minimal berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil analisis pada
penelitian ini untuk indikator “Anak mengetahui jenis-jenis warna” bahwa pada
pra siklus keberhasilan mencapai 31,25%, selanjutnya pada siklus I keberhasilan
sebesar 56,25%, terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 100% dan begitu pula
pada siklus III. Selanjutnya untuk indikator “Anak dapat mengikuti perintah guru
menyesuaikan warna dan angka” keberhasilan yang diperoleh bahwa pada pra
siklus keberhasilan mencapai 18,75%, selanjutnya pada siklus I keberhasilan
sebesar 43,75%, terjadi peningkatan pada siklus II sebesar dengan keberhasilan
sebesar 93,17%, selanjutnya pada siklus III keberhasilan mencapai100%. Pada
Indikator ke tiga “Anak dapat menyesuaikkan warna berdasarkan angka”
keberhasilan yang diperoleh pada pra siklus mencapai 18,75%, selanjutnya pada
siklus I keberhasilan sebesar 25%, terjadi peningkatan pada siklus II dengan
keberhasilan sebesar 75%, selanjutnya pada siklus III keberhasilan mencapai
87,5%. Peningkatan keberhasilan kelas atau rata-rata secara keseluruhan pada pra
siklus sebesar 22,9%, pada siklus I 41,7%, pada siklus II 89,6%, namun masih ada
pada satu indikator yang belum mencapai 80%, pada siklus III 95,8%.