Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13039
Title: Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Tanjung Selamat
Authors: Rianti, Ika
Keywords: Metode Proyek;Perkembangan
Issue Date: 2017
Abstract: Penelitian ini berlatar belakang pada masih rendahnya kemampuan sosial anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Tanjung Selamat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni “Apakah penerapan metode proyek untuk meningkatkan perkembangan sosial anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Tanjung selamat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan sosial anak meningkat dan anak dapat bekerja sama dengan baik dan dapat berbagi satu dengan yang lainnya. Penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Tanjung Selamat. Subjek adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi juga pembahasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tanya jawab dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode proyek dapat meningkatkan perkembangan sosial pada anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Tanjung Selamat di kelompok B Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat pada persentase yang terjadi pada kondisi awal dari 15 anak yang dapat bersosialisasi 2 anak (13%), Pada siklus 1 menjadi 6 anak (35%), Pada siklus 2 meningkat menjadi 7 anak (53%), dan Pada siklus 3 lebih meningkat menjadi 13 anak (80%).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13039
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.