Abstract:
Penelitian ini berlatar belakang pada masih rendahnya kemampuan sosial anak di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Tanjung Selamat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni “Apakah penerapan metode proyek untuk
meningkatkan perkembangan sosial anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Tanjung
selamat”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan sosial anak meningkat
dan anak dapat bekerja sama dengan baik dan dapat berbagi satu dengan yang lainnya.
Penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Tanjung Selamat. Subjek adalah
anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan empat tahapan
yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi juga pembahasan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tanya jawab dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode proyek
dapat meningkatkan perkembangan sosial pada anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39
Tanjung Selamat di kelompok B Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal
ini dapat dilihat pada persentase yang terjadi pada kondisi awal dari 15 anak yang dapat
bersosialisasi 2 anak (13%), Pada siklus 1 menjadi 6 anak (35%), Pada siklus 2
meningkat menjadi 7 anak (53%), dan Pada siklus 3 lebih meningkat menjadi 13 anak
(80%).