Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13026
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorErlita, Linda-
dc.date.accessioned2020-11-18T02:59:50Z-
dc.date.available2020-11-18T02:59:50Z-
dc.date.issued2017-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13026-
dc.description.abstractKecerdasan Musikal adalah kemampuan untuk mengenali, menciptakan, memanfaatkan, dan mengapresiasi musik, nada, irama dan suara. Musik juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi kita dengan cara menyeimbangkan kerja otak kiri dan otak kanan Anda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pianika untuk meningkatkan kecerdasan musikal anak. Adapun penelitian ini di laksanakan di TK Yasabiba yang beralamat di Jl. Karya Setuju No. 11 Kelurahan Karang Berombak Kec. Medan Barat Kab. Medan Propinsi Sumatera Utara. Objek dalam penelitian ini adalah kelompok B yang terdiri dari 10 anak, 7 orang anak laki-laki dan 3 orang anak perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, hasil kerja dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) , hasil penelitian PTK mengenai penggunaan media pianika dapat untuk meningkatkan kecerdasan musikal anak pada saat Pra siklus tergolong masih sangat rendah, pada siklus I naik mencapai 60%, siklus II meningkat mencapai 66,6% dan pada siklus III naik mencapai 80%. Hasil pelaksanaan PTK siklus pertama, kedua dan ketiga dapat di simpulkan bahwa kegiatan yang di lakukan melalui Penggunaan media pianika dapat meningkatkan kecerdasan musikal anak di kelompok B TK Yasabiba Medan.en_US
dc.subjectKecerdasan Musikalen_US
dc.subjectMedia Pianikaen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Sentra Musik Dengan Media Pianika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kecerdasan Musikal Anak Di Kelompok B Tk Yasabiba Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.