Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13023
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Menyimak Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017
Authors: Dhawirta, Nurul Silfi
Keywords: Cooperative Script terhadap Kemampuan Menyimak Berita
Issue Date: 20-Oct-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Menyimak Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017”.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Terbuka Negeri 5 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 305 siswa. Berdasarkan pengambilan sampel maka ditentukan kelas VIII-1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script, sedangkan kelas VIII-2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas yang menggunakan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes essay yaitu menyimak teks berita. Penelitian ini menggunakan uji “thitung”. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus analisis ttes. Yaitu untuk mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan menyimak berita oleh siswa kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan. Setelah menghitung dan mengolah data dari penelitian yang dilakukan maka diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script adalah 84,94. Sedangkan menggunakan model konvensional nilai rata-rata yang diperoleh adalah 56,2. Hasil perhitungan uji hipotesis di atas diperoleh thitung = 14,73 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabeldengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk= n1+n2 – 2= atau 35+35-2=68, maka diperoleh ttabel =1,668.Dengan demikian, dapat diketahui bahwa thitung>ttabel yaitu 14,73>1,668. Maka, ha diterima dengan hipotesis yang berbunya “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Menyimak Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13023
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURUL SILFI DHAWIRTA.pdf753.92 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.