Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran
Cooperative Script terhadap Kemampuan Menyimak Berita oleh Siswa Kelas VIII
SMP Terbuka Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017”.Lokasi penelitian ini
dilaksanakan di SMP Terbuka Negeri 5 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh
kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang
berjumlah 305 siswa. Berdasarkan pengambilan sampel maka ditentukan kelas VIII-1
yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran
Cooperative Script, sedangkan kelas VIII-2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas
yang menggunakan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa
tes essay yaitu menyimak teks berita. Penelitian ini menggunakan uji “thitung”.
Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus
analisis ttes. Yaitu untuk mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran
Cooperative Script terhadap kemampuan menyimak berita oleh siswa kelas VIII SMP
Terbuka Negeri 5 Medan. Setelah menghitung dan mengolah data dari penelitian
yang dilakukan maka diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dengan
menggunakan model pembelajaran Cooperative Script adalah 84,94. Sedangkan
menggunakan model konvensional nilai rata-rata yang diperoleh adalah 56,2.
Hasil perhitungan uji hipotesis di atas diperoleh thitung = 14,73 selanjutnya harga
thitung ini dibandingkan dengan harga ttabeldengan taraf signifikan α = 0,05 dengan
dk= n1+n2 – 2= atau 35+35-2=68, maka diperoleh ttabel =1,668.Dengan demikian,
dapat diketahui bahwa thitung>ttabel yaitu 14,73>1,668. Maka, ha diterima dengan
hipotesis yang berbunya “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script
terhadap Kemampuan Menyimak Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Terbuka Negeri
5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017