Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13004
Title: Analisis Variasi Perubahan Poros Nok Terhadap Kinerja Sepeda Motor Smash 110cc Dengan Bahan Bakar Premium 88 Dan Pertamax 92
Authors: Handoko, Supri
Keywords: Dyno Test, poros nok;Daya
Issue Date: 20-Mar-2017
Abstract: Sepeda motor merupakan alat transportasi darat yang sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu maka untuk memperbaiki performa sepeda motor agar dapat bekerja secara maksimal perlu dilakukan beberapa perubahan, terutama perubahan pada durasi dan tinggi angkatan katup. Untuk melakukan perubahan pada durasi dan tinggi angkatan katup maka perlu memodifikasi poros nok.Pada pengujian ini menggunakan 2 poros nok standart dan poros nok bubutan . untuk mengetahui variasi poros nok pada kinerja motor bakar dengan bahan bakar premium dan pertamax pada sepeda motor Suzuki smash 110cc. Pada pengujian pertama mengunakan poros nok standat dengan durasi katup masuk 213°dan durasi katup buang 217° dan tinggi angkatan katup masuk dan buang 5,7 mm,pada pengujian bahan bakar premium dengan pembebanan 1 kg menghasilkan torsi 304 kg.mm dan daya 2,61 kW dengan konsumsi bahan bakar 0,09 sedangkan pembebanan 2 kg menghasilkan torsi tertinggi 542 kg.mm dan daya 4,51 kW dengan konsumsi bahan bakar 0,02,pada bahan bakar pertamax dengan pembebanan 1 kg menghasilkan torsi 253 kg.mm dan daya 2,19 kW dengan konsumsi bahan bakar 0,07 sedangkan pembebanan 2 kg menghasilkan torsi tertinggi 462 kg.mm dan daya 4,98 kW dengan konsumsi bahan bakar 0,05, pada pengujian poros nok bubutan dengan durasi katup masuk 305°dan durasi katup buang 242° dan tinggi angkatan katup masuk dan buang 7,5 mm,pada pengujian bahan bakar premium dengan pembebanan 1 kg menghasilkan torsi 323 kg.mm dan daya 2,44 kW dengan konsumsi bahan bakar 0,05.sedangkan pada pembebanan 2 kg menghasilkan torsi 506 kg.mm dan daya 4,72 kW dengan konsumsi bahan bakar 0,06. pada bahan bakar pertamax dengan pembebanan 1 kg menghasilkan torsi 248 kg.mm dan daya 2,42 kW dengan konsumsi bahan bakar 0,09 sedangkan pembebanan 2 kg menghasilkan torsi tertinggi 517 kg.mm dan daya 5,14 kW dengan konsumsi bahan bakar 0,04
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13004
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SUPRI HANDOKO (1307230255).pdf3.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.