Abstract:
Sepeda motor merupakan alat transportasi darat yang sangat sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu maka untuk memperbaiki
performa sepeda motor agar dapat bekerja secara maksimal perlu dilakukan
beberapa perubahan, terutama perubahan pada durasi dan tinggi angkatan
katup. Untuk melakukan perubahan pada durasi dan tinggi angkatan katup maka
perlu memodifikasi poros nok.Pada pengujian ini menggunakan 2 poros nok
standart dan poros nok bubutan . untuk mengetahui variasi poros nok pada
kinerja motor bakar dengan bahan bakar premium dan pertamax pada sepeda
motor Suzuki smash 110cc. Pada pengujian pertama mengunakan poros nok
standat dengan durasi katup masuk 213°dan durasi katup buang 217° dan tinggi
angkatan katup masuk dan buang 5,7 mm,pada pengujian bahan bakar premium
dengan pembebanan 1 kg menghasilkan torsi 304 kg.mm dan daya 2,61 kW
dengan konsumsi bahan bakar 0,09 sedangkan pembebanan 2 kg menghasilkan
torsi tertinggi 542 kg.mm dan daya 4,51 kW dengan konsumsi bahan bakar
0,02,pada bahan bakar pertamax dengan pembebanan 1 kg menghasilkan torsi
253 kg.mm dan daya 2,19 kW dengan konsumsi bahan bakar 0,07 sedangkan
pembebanan 2 kg menghasilkan torsi tertinggi 462 kg.mm dan daya 4,98 kW
dengan konsumsi bahan bakar 0,05, pada pengujian poros nok bubutan dengan
durasi katup masuk 305°dan durasi katup buang 242° dan tinggi angkatan katup
masuk dan buang 7,5 mm,pada pengujian bahan bakar premium dengan
pembebanan 1 kg menghasilkan torsi 323 kg.mm dan daya 2,44 kW dengan
konsumsi bahan bakar 0,05.sedangkan pada pembebanan 2 kg menghasilkan torsi
506 kg.mm dan daya 4,72 kW dengan konsumsi bahan bakar 0,06. pada bahan
bakar pertamax dengan pembebanan 1 kg menghasilkan torsi 248 kg.mm dan
daya 2,42 kW dengan konsumsi bahan bakar 0,09 sedangkan pembebanan 2 kg
menghasilkan torsi tertinggi 517 kg.mm dan daya 5,14 kW dengan konsumsi
bahan bakar 0,04