Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12950
Title: “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Menemukan Pokok-Pokok Isi Sambutan oleh Siswa Kelas XI SMA Rahmad Islamiyah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017”.
Authors: Sari, Gita Purnama
Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran cooperative integrated,;reading and composition (CIRC)
Issue Date: 27-May-2017
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran cooperative integrated, reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan oleh siswa kelas XI SMA Rahmad Islamiyah Medan tahun pembelajara 2016-2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Rahmad Islamiyah Medan dengan populasi 90 siswa yang terdiri dari 2 kelas dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian. XI-1 dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI-2 dijadikan sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu cara atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan berganda. Kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated, reading and composition (CIRC) pada kelas eksperimen sangat baik karena 19 orang (42%) mencapai interval 80-100, sedangkan kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan dengan menggunakan model konvensional adalah 16 orang (36%) mencapai interval 20-45. Berdasarkan uji t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dianjurkan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated, reading and composition (CIRC) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggun akan model konvensional dalam kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan oleh siswa kelas XI SMA Rahmad Islamiyah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 69,18 > 1,66 dengan membandingkan nilai t hitung dengan t tabel diperoleh thitung > ttabel yaitu 69,18 > 1,66. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran cooperative integrated, reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan oleh siswa kelas XI SMA Rahmad Islamiyah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12950
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI GITA PURNAMA SARI.pdf447.83 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.