Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model
pembelajaran cooperative integrated, reading and composition (CIRC) terhadap
kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan oleh siswa kelas XI SMA
Rahmad Islamiyah Medan tahun pembelajara 2016-2017. Lokasi penelitian ini
dilaksanakan di Rahmad Islamiyah Medan dengan populasi 90 siswa yang terdiri dari
2 kelas dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian. XI-1 dijadikan sebagai kelas
eksperimen sedangkan kelas XI-2 dijadikan sebagai kelas kontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu
cara atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses gejala-gejala
yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah
tes pilihan berganda. Kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan dengan
menggunakan model pembelajaran cooperative integrated, reading and composition
(CIRC) pada kelas eksperimen sangat baik karena 19 orang (42%) mencapai interval
80-100, sedangkan kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan dengan
menggunakan model konvensional adalah 16 orang (36%) mencapai interval 20-45.
Berdasarkan uji t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dianjurkan dengan
menggunakan model pembelajaran cooperative integrated, reading and composition
(CIRC) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggun akan model
konvensional dalam kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan oleh siswa
kelas XI SMA Rahmad Islamiyah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 hal ini
dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 69,18 > 1,66
dengan membandingkan nilai t hitung dengan t tabel diperoleh thitung > ttabel yaitu
69,18 > 1,66. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada
pengaruh model pembelajaran cooperative integrated, reading and composition
(CIRC) terhadap kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan oleh siswa
kelas XI SMA Rahmad Islamiyah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.