Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12947
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Kemampuan Menuliskan Kembali Cerita Anak yang Dibaca oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2016-2017
Authors: Husnayani
Keywords: Talking Stick terhadap Kemampuan Menuliskan Kembali Cerita Anak
Issue Date: 20-Oct-2017
Abstract: Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan menuliskan kembali cerita anak yang dibaca oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 430 siswa tersebar di 11 kelas. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik random sampling dan terpilih kelas VII- 5 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-6 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa tes esai yaitu menuliskan kembali cerita anak. Berdasakan analisis data diperoleh kemampuan menuliskan kembali cerita anak kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata pada kategori baik sekali yaitu 83,32, dan kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata pada kategori baik 76,82. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji t diperoleh thitung > ttabel atau 3,23 > 1,99. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model talking stick terhadap kemampuan menuliskan kembali cerita anak oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2016-2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12947
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf756.35 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.