Abstract:
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick
terhadap kemampuan menuliskan kembali cerita anak yang dibaca oleh siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 430
siswa tersebar di 11 kelas. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik
random sampling dan terpilih kelas VII- 5 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas
eksperimen dan VII-6 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Metode dalam
penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan instrumen penelitian berupa tes esai yaitu menuliskan kembali cerita
anak. Berdasakan analisis data diperoleh kemampuan menuliskan kembali cerita anak
kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata pada kategori baik sekali yaitu
83,32, dan kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata pada kategori baik 76,82.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji t
diperoleh thitung > ttabel atau 3,23 > 1,99. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan model talking stick terhadap kemampuan menuliskan kembali
cerita anak oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran
2016-2017.