Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12917
Title: Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Memahami Tesk Biografi “Putu Wijaya” oleh Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018
Authors: Hasibuan, Novita Lestari
Keywords: Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Memahami Tesk Biografi
Issue Date: 20-Apr-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan memahami teks biografi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional oleh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017- 2018 berjumlah 100 orang terbagi ke dalam 3 kelas yaitu kelas XI IA 1 yang berjumlah 14 siswa, kelas XI IA2 yang berjumlah 43 siswa dan kelas XI IS yang berjumlah 43 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 86 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai dalam bentuk penugasan yaitu memahami makna teks biografi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Script lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional yaitu 72,33 dibanding 63,71. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Script adalah 81 berjumlah dua orang. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional adalah 81 berjumlah satu orang. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada penggunaan strategi pembelajaran ceramah dan Cooperative Script ini dibuktikan oleh hasil thitung > ttabel atau 38,92 > 1,645.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12917
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf773.47 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.