Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan memahami teks biografi dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional oleh siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-
2018 berjumlah 100 orang terbagi ke dalam 3 kelas yaitu kelas XI IA 1 yang
berjumlah 14 siswa, kelas XI IA2 yang berjumlah 43 siswa dan kelas XI IS yang
berjumlah 43 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
eksperimen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 86 siswa. Adapun
instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai dalam bentuk
penugasan yaitu memahami makna teks biografi. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan strategi pembelajaran
Cooperative Script lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan
strategi pembelajaran konvensional yaitu 72,33 dibanding 63,71. Nilai tertinggi yang
diperoleh siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Script adalah
81 berjumlah dua orang. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa yang menggunakan
strategi pembelajaran konvensional adalah 81 berjumlah satu orang. Dari penelitian
tersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada penggunaan strategi pembelajaran
ceramah dan Cooperative Script ini dibuktikan oleh hasil thitung > ttabel atau 38,92 >
1,645.