Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12880
Title: Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Solving Pada Siswa SMP Negeri 42 Medan T.P 2016/2017.
Authors: Lestari, Dara Ragil
Keywords: Model Problem Solving;Keefektifan Belajar
Issue Date: Mar-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses belajar matematika menggunakan model Problem Solving pada siswa SMP Negeri 42 Medan T.P 2016/2017 Efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, kemampuan guru, dan respon siswa. Dari hasil penelitian analisis keefektifan, dalam indikator ketuntasan belajar matematika menunjukkan bahwa, pada hasil pretest berkisar 55.8% dan berada pada kategori tidak tuntas sedangkan pada hasil posttest berkisar 80.5% dan berada pada kategori tuntas. Dari indikator aktivitas siswa menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama persentase aktivitas siswa adalah 70% dan berada pada kategori aktif, pada pertemuan kedua persentase aktivitas siswa adalah 72% dan berada pada kategori aktif, pada pertemuan ketiga persentase aktivitas siswa adalah 77% dan berada pada kategori aktif, dan pada pertemuan keempat persentase aktivitas siswa adalah 80% dan berada pada kategori aktif. Dari indikator kemampuan guru menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama persentase kemampuan guru adalah 80% dan berada pada kategori baik, pada pertemuan kedua persentase kemampuan guru adalah 83% dan berada pada kategori baik, pada pertemuan ketiga persentase kemampuan guru adalah 88% dan berada pada kategori sangat baik, dan pada pertemuan keempat persentase kemampuan guru adalah 95% dan berada pada kategori sangat baik. Dari indikator respon siswa menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama persentase respon siswa adalah 70% dan berada pada kategori cukup positif, pada pertemuan kedua persentase respon siswa adalah 78% dan berada pada kategori cukup positif, pada pertemuan ketiga persentase respon siswa adalah 81% dan berada pada kategori positif, dan pada pertemuan keempat persentase respon siswa adalah 85% dan berada pada kategori positif. Berdasarkan rincian hasil penelitian diatas, maka belajar matematika menggunakan model Problem Solving pada siswa SMP Negeri 42 Medan T.P 2016/2017 EFEKTIF pada materi kubus dan balok ditinjau dari dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, kemampuan guru, dan respon siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12880
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DARA RAGIL LESTARI.pdf1.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.