Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12870
Title: Evaluasi Beban Lanlu Lintas Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan Perbaikan Pada Jalan Pelayangan Kec. Simpang Kiri Kota Subulussalam
Authors: Sawal, Eri
Keywords: Baban Lalulintas;Kerusakan Jalan
Issue Date: 20-Mar-2017
Abstract: Ruas jalan Pelayangan Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam merupakan jalan kecamatan yang sering dilalui kendaraan berat, seiring dengan adanya akses jalan menuju pabrik kelapa sawit PT. Rundeng Nusantara, PT. Mitra Sejahtera Bersama. Hal ini berdampak pada sepanjang ruas jalan tersebut, dimana kendaraan berat sering melewati ruas jalan ini dan mengakibatkan kerusakan pada permukaan. Pada studi penanganan kerusakan jalan digunakan perbandingan metode Bina Marga dan PCI, sedangkan untuk menetukan nilai Cumulative Equevalent Standard Axel digunakan perbandingan metode Bina Marga dan Aspal Institut MS-17. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kondisi jalan dan ti nggat kerusakan jalan serta menentukan pemeliharan berdasarkan kerusakan yang terjadi, mengetahui pengaruh beban lalulintas kendaraan kendaraan tingkat kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut. Setudi dilakukan terhadap ruas jalan Pelayangan Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam dengan panjang jalan yang diamati sepanjang 3 km yang dibagi dalam beberapa segmen dimana tiap segmen panjangnya 100 m. Hasil analisa metode Bina Marga didapat urutan prioritas adalah 6. Urutan perioritas 4-6 adalah urutan prioritas kelas B, dimana jalan dimasukan dalam program pemeliharaan berkalah. Sedangkan hasail analisa metode Pavement Condition Index (PCI) didapat nilai PCI adalah 31,3. Darihasil nilai PCI jalan ini, maka jalan termasuk jalan kualitas jelek (poor), maka diusulkan jenis pemeliharaan mayor yaitu pemeliharaan terhadap keseluruhan unit jalan melalui overlay atau rekonstruksi terhadap jalan tersebut. Hasil perhitungan mengenai komulatip Equevalent Setandar Exel yaitu metode Bina Marga menghasilkan sebesar 11640331,8 untuk UR 5 tahun dan sebesar 917219,99 untuk UR 10 tahun, sedagkan metode Asphalt Institute MS-17 memberikan hasil sebesar 1870554,90 untuk UR 5 tahun dan sebesar 3140146,36 untuk 10 tahun. Kurangnya kesadaran para pengmudi tentang muatan standar pada truk, sehingga truk yang melewati jalan tersebut melebihi berat yang diijinkan kendaraan yang memikul beban lebih berat misalkan truk dan kontainer akan lebih besar pengaruhnya untuk merusak jalan, sehingga beban lalulintas sangat mempengaruhi beban kerusakan jalan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12870
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SIAP.pdf2.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.