Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12840
Title: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akhlak Terpuji Melalui Metode Kelompok Di Kelas III SDN 101760 Bulu Cina Kab. Deli Serdang
Authors: Ramnah
Keywords: :Akhlak Terpuji;Belajar
Issue Date: 1-Feb-2017
Abstract: Akhlak terpuji merupakan perbuatan yang harusnya dimiliki oleh setiap muslim. Karena rasulullah telah memberikan contoh dan suri tauladan yang baik bagi umatnya. Seperti hal nya dalam kehidupan sosial yaitu berbicara, bersikap, bertindak dan menghadapi masalah.Tetapi agaknya nilai-nilai tersebut mulai merosot di karenakan oleh kecanggihan teknologi yang terkadang tidak mendidik. Hal ini di buktikan oleh sikap tidak perduli terhadap temannya, menurunnya sikap simpati dan empati mereka. Maka dari itu perlu adanya pembelajaran akhlak terpuji bagi anak-anak, khususnya di tingkat sekolah dasar agar generasi mendatang memiliki akhlakul karimah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III pada Sekolah Dasar Negeri 101760 Bulu Cina Tahun ajaran 2016/2017.Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru, dan kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi dan dokumentasi. Pelaksaan penelitian dilakukan melalui dua siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan observasi. Hasil penelitian bahwa ada peningkatan hasil belajar akhlak terpuji siswa menggunakan Metode kelompok yakni siklus 1 sampai siklus 2 dapat dilihat bahwa adanya peningkatan hasil belajar akhlak terpuji siswa melalui metode kelompok yaitu pada siklus 1 hasil belajar akhlak terpuji siswa meningkat 60.71%, pada siklus 2 hasil belajar akhlak terpuji siswa meningkat sampai 89.29%. Dari hasil pelaksanaan PTK siklus pertama dan dua dapat disimpulkan bahwa dengan melalui Metode kelompok dapat meningkatkan hasil belajar akhlak terpuji siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12840
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.