Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12799
Title: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa SMP Muhamadiyah 03 medan Tahun Pelajaran 2016/2017
Authors: Br Ginting, Rafika
Keywords: HASIL BELAJAR, METODE DEMONSTRASI
Issue Date: Oct-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan proses Pembelajaran Melalui metode demonstrasi bagi siswa kelas VIII SMP Muhamadiyah 03 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek disini adalah siswa kelas VIII-D yang berjumlah 40 orang. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, Lalu dilakukan pembelajaran kubus dengan menggunakan metode demonstrasi yang dilakukan pada Tes Hasil Belajar I, Tes Hasil Belajar II dan tes hasil belajar III yang berbentuk Essay. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan metode demonstrasi (pre test) diperoleh 2 siswa (5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 38 siswa (95%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 41%. Kemudian dilakukan pembelajaran dari tes hasil belajar siklus I dengan menggunakan metode demonstrasi diperoleh 10 siswa (25%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 30 siswa (75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 58,25%. Kemudian dilakukan pembelajaran dari tes hasil belajar siklus II dengan menggunakan metode demonstrasi diperoleh 22 siswa (55%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (45%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 73,25%. Kemudian dilakukan pembelajaran tes hasil belajar siklus III dengan menggunakan metode demonstrasi diperoleh 35 siswa (87,5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar,sedangkan 5 siswa (12,5%) belum mencapai ketuntasan belajar.Dengan rata-rata 81%Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II Dan siklus III Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I, siklus II dan siklus III. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui metode demonstrasi Smp Muhamadiyah 03 medan Tahun Pelajaran 2016/2017
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12799
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RAFIKA BR.GINTING.pdf2.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.