Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan proses Pembelajaran Melalui
metode demonstrasi bagi siswa kelas VIII SMP Muhamadiyah 03 Medan Tahun
Pelajaran 2016/2017. Subjek disini adalah siswa kelas VIII-D yang berjumlah 40
orang. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes
awal, Lalu dilakukan pembelajaran kubus dengan menggunakan metode demonstrasi
yang dilakukan pada Tes Hasil Belajar I, Tes Hasil Belajar II dan tes hasil belajar III
yang berbentuk Essay. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : Dari tes hasil
belajar sebelum menggunakan metode demonstrasi (pre test) diperoleh 2 siswa (5%)
yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 38 siswa (95%) belum mencapai
tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 41%. Kemudian dilakukan
pembelajaran dari tes hasil belajar siklus I dengan menggunakan metode demonstrasi
diperoleh 10 siswa (25%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 30
siswa (75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata
58,25%. Kemudian dilakukan pembelajaran dari tes hasil belajar siklus II dengan
menggunakan metode demonstrasi diperoleh 22 siswa (55%) yang telah mencapai
ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (45%) belum mencapai tingkat ketuntasan
belajar. Dengan nilai rata-rata 73,25%. Kemudian dilakukan pembelajaran tes hasil
belajar siklus III dengan menggunakan metode demonstrasi diperoleh 35 siswa
(87,5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar,sedangkan 5 siswa (12,5%) belum
mencapai ketuntasan belajar.Dengan rata-rata 81%Dalam hal ini dapat dilihat bahwa
terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus
II Dan siklus III Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I, siklus II dan siklus
III. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui metode
demonstrasi Smp Muhamadiyah 03 medan Tahun Pelajaran 2016/2017