Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12794
Title: Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Inquiry pada Materi Bacaan Qalqalah di KelasVIIA SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2016/2017
Authors: Pulungan, Siti Maryam
Keywords: Metode Inquiry;Minat dan Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 17-Apr-2017
Abstract: Penelitian ini bertujua nuntuk meningkatkan minat siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bacaan Qalqalah dengan menggunakan metode inquiry di kelas VIIA SMP Muhammadiyah 57 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana minat, hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa setelah menggunakan metode inquiry pada mata pelajaran Alquran hadis materi qalqalah di kelas VIIA SMP Muhammadiyah 57 Medan. Jenis metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dan penelitian PTK ini masuk kedalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh siswa kelas VIIA sebanyak 37 orang siswa dan sampel sebesar 37 orang siswa. Penelitian ini dilakukan beberapa instrumen pengumpulan data yaitu tes, dokumentasi, observasi, angket. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian pada hasil angket minat siswa pra siklus mendapat 17,3%dari 37 orang siswa. Di siklus I ketuntasan mencapai 18,0% dan pada siklus II mencapai 33,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa angket minat siswa meningkat. Hasil penelitian yang didapatkan adalah peningkatan yang sangat signifikan. Hasil belajar pada saat pra siklus tingkat ketuntasan klasikal hanya 57,83% atau 5 orang yang dari 37 orang siswa. Di siklus I hasil belajar siswa kelas VIIA saat melakukan kegiatan dengan menggunakan metode inquiry mendapat hasil 77,14% dari 37 orang siswa dan siklus kedua II mengalami perkembangan menjadi 80,8% dari 37 orang siswa. Hasil aktivitas siswa pada kegiatan siklus I mencapai 78,37dan pada siklus II mencapai ketuntasan 102,7. Hasil respon siswa pada kegiatan siklus I mencapai 67 dan pada siklus II mencapai ketuntasan 72,43. Dari pembelajaran siswa pada kelas VIIA mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode inquiry dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran hadis materi Bacaan Qalqalah dikelas VIIA SMP Muhammadiyah 57 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12794
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MARYAM.pdf2.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.