Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12793
Title: Penggunaan Model Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Konsep Matematika Siswa SMP PAB 2 Helvetia Medan T.P 2016/2017
Authors: Sihombing, Kurniawati
Issue Date: 2017
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika siswa SMP PAB 2 HELVETIA MEDAN kelas VIII T.P 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa pada mata pelajaran matematika Siswa SMP PAB 2 Helvetia Medan dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan dan keterampilan konsep matematika pada siswa SMP PAB2 Helvetia Medan sesudah menggunakan model Direct Instruction. Lokasi penelitian ini bertempat di SMP PAB 2 Helvetia Medan. Subjek penelitian ini adalah dari 7 kelas VIII yang ada di SMP PAB 2 Helvetia Medan T.P 2016/2017 di ambil satu kelas yaitu kelas VIII-1 yang berjumlah 43 orang. Objek penelitian ini adalah efektivitas kemampuan dan keterampilan konsep matematika menggunakan model Direct Instruction untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan konsep matematika siswa SMP PAB 2 Helvetia Medan T.P 2016/2017 dengan materi keliling dan luas lingkaran. Adanya peningkatan terhadap kemampuan dan keterampilan konsep matematika siswa setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan model Direct Instruction. Hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan hasil ratarata pada tes awal sebesar 65,82 meningkat menjadi 70,91pada tes siklus I dan meningkat kembali menjadi 76,63 serta peningkatan persentase ketuntasan belajar sebelum menggunakan model Direct Instruction hanya 27,90% dan setelah menggunakan model Direct Instruction meningkat menjadi 51,17% pada siklus I kemudian pada siklus II meningkat menjadi 90,70%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12793
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KURNIAWATI SIHOMBING.pdf1.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.