Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas siswa
dalam pembelajaran matematika siswa SMP PAB 2 HELVETIA MEDAN kelas VIII
T.P 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa pada
mata pelajaran matematika Siswa SMP PAB 2 Helvetia Medan dan untuk mengetahui
apakah ada peningkatan kemampuan dan keterampilan konsep matematika pada
siswa SMP PAB2 Helvetia Medan sesudah menggunakan model Direct Instruction.
Lokasi penelitian ini bertempat di SMP PAB 2 Helvetia Medan. Subjek penelitian ini
adalah dari 7 kelas VIII yang ada di SMP PAB 2 Helvetia Medan T.P 2016/2017 di
ambil satu kelas yaitu kelas VIII-1 yang berjumlah 43 orang. Objek penelitian ini
adalah efektivitas kemampuan dan keterampilan konsep matematika menggunakan
model Direct Instruction untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan konsep
matematika siswa SMP PAB 2 Helvetia Medan T.P 2016/2017 dengan materi keliling
dan luas lingkaran. Adanya peningkatan terhadap kemampuan dan keterampilan
konsep matematika siswa setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan
model Direct Instruction. Hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan hasil ratarata pada tes awal sebesar 65,82 meningkat menjadi 70,91pada tes siklus I dan
meningkat kembali menjadi 76,63 serta peningkatan persentase ketuntasan belajar
sebelum menggunakan model Direct Instruction hanya 27,90% dan setelah
menggunakan model Direct Instruction meningkat menjadi 51,17% pada siklus I
kemudian pada siklus II meningkat menjadi 90,70%.