Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12776
Title: Perbedaan KemampuaanPemecahan Masalah Menggunakan Group Investigation Dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada siswa SMP Amal Bakti Medan
Authors: Fadillah, Nora
Keywords: kookprattif Tipe Group Investigation dan model pembelajran Problem Bassed Learning.
Issue Date: 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kookpratif tipe Group Investigation bila dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Bassed Learning pada pokok bahasan pada sistem persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Amal bakti Medan Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Amal Bakti Medan Tahun Pelajaran 2016 /2017. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing-masing 38 orang siswa pada kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Bassed Learning. Jenis penelitian ini adalah ekperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postes,sebagai alat pengumpul data digunakan instrument tes dalam bentuk tes uraian,yaitu untuk soal pretes dan postes masing-masing sebanyak 3 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum penguji hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.Dari analisa data selisih pretes dengan postes kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh yaitu 2,2641 1,667 sehingga untuk uji hipotesisnya ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran koopratif tipe Group Investigation berbeda dengan model Problem Bassed Learning. Dengan demikian terdapat perbedaan yang berarti antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kookprattif Tipe Group Investigation dan model pembelajran Problem Bassed Learning.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12776
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NORA FADILLAH.pdf694.64 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.