Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12766
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Tehadap Hasil Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Belawan T.P 2016/2017
Authors: Samosir, Ashri Huda
Keywords: Probing Prompting;konvensional;hasil belajar matematika
Issue Date: Mar-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran probing prompting dan hasil belajar matematika siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model kovensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah Belawan TP. 2016/2017?. Bagaimanakah hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah Belawan TP. 2016/2017?. Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran probing prompting dibandingkan dengan menggunakan model konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah Belawan TP. 2016/2017 ?. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VII di salah satu SMP Muhammadiyah Belawan. Sampelnya adalah siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 42 dan 37 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two Group Pre Test Post Test only. Instrument yang digunakan adalah soal pretest dan posttest tentang himpunan. Berdasarkan temuan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai probabilitas (Sig.) 0,430 maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan model probing prompting dibandingkan dengan model konvensional. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran probing prompting pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak diterapkan model dalam proses pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Belawan Tahun Pelajaran 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12766
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ASHRI HUDA SAMOSIR.pdf1.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.