Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12763
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Menggunakan Model Means Ends Analysis Pada Siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli T.P 2016/2017
Authors: Simatupang, Nengsi Dameria
Keywords: KemampuanBerpikir Kritis Siswa;Model Pembelajaran Means Ends Analysis
Issue Date: 2017
Abstract: Model Means Ends Analysis merupakan suatu model pembelajaran yang mengoptimalkan kegiatan pemecahan masalah, dengan melalui pendekatan heuristik. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pembelajaran matematika melalui model means ends analysis dapat meningkatkan aktivitas siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli. 2) Apakah pembelajaran matematika melalui model means ends analysis dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Means Ends Analysis pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Labuhan Deli T.P 2016/2017. Untuk mengetahui pembelajaran matematika melalui model Means Ends Analysis dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Labuhan Deli yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model means ends analysis meningkat, sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar matematika siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan lingkaran dengan hasil 72,17% pada siklus I, meningkat menjadi 81,24% pada siklus II, dan 85,64% pada siklus III, atau ditinjau dari tingkat ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa 59,37% pada siklus I, 75.00% pada siklus II, 90,63% pada siklus III. Dan dapat dilihat dari ketidaktuntasan siswa dalam kemampuan berpikir kritis diperoleh 40,63% pada siklus I, 25,00% pada siklus II, 9,37% pada siklus III. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran means ends analysis dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Labuhan Deli T.P 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12763
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NENGSI DAMERIA SIMATUPANG.pdf2.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.