Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12745
Title: Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Dengan Tehnik Problem Promting Siswa SMK Muhammadiah 9 Medan T.P 2016/2017
Authors: Mahdalena
Keywords: Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa, model pembelajaran problem-promting
Issue Date: Dec-2017
Abstract: Adapun yang menjadi rumusan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem-promting dapat efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa?Bagaimana Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem-promting?Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran problem-promting efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematika siswa.Untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem-promting. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tehnik Sepeda Motor SMK Muhammadiah 9 Medan yang berjumlah 30 orang, dengan jumlah siswa 13 orang dan jumlah siswa 17 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.Tes digunakan untuk melihat kemampuan berpikir dan pemahaman konsep belajar matematika siswa yaitu berbentuk uraian yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, sedangkan observasi digunakan untuk melihat indicator kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa dalam mengerjakan tes. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa pada pokok bahasan Persemanaan Linear Satu Variabel (PLSV) Dengan hasil tes awal 20% dan pada siklus I meningkat menjadi 50% dan pada siklus II menjadi 90% atau ditinjau dari tingkat ketuntasan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa mka dari tes awal diproleh 24 siswa, yang memproleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus I diproleh menjadi 15 siswa, dan pada siklus II menjadi 3 siswa. Dan dapat dilihat dari ketidaktuntasan siswa pada tes kemampuan awal memproleh 80% dan siklus I 50% dan pada siklus II memproleh 10%, Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem-promting dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa kelas X Tehnik Sepeda Motor SMK Muhammadiah 9 Medan T.P 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12745
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MAIDALENA.pdf1.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.