Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran
problem-promting dapat efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan
pemahaman konsep belajar matematika siswa?Bagaimana Kemampuan berpikir
kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa dengan menggunakan
model pembelajaran problem-promting?Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui model pembelajaran problem-promting efektif untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematika
siswa.Untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan berpikir kritis dan
pemahaman konsep belajar matematika siswa dengan menggunakan model
pembelajaran problem-promting. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
Tehnik Sepeda Motor SMK Muhammadiah 9 Medan yang berjumlah 30 orang,
dengan jumlah siswa 13 orang dan jumlah siswa 17 orang. Instrument yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.Tes digunakan untuk
melihat kemampuan berpikir dan pemahaman konsep belajar matematika siswa
yaitu berbentuk uraian yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, sedangkan
observasi digunakan untuk melihat indicator kemampuan berpikir kritis dan
pemahaman konsep belajar matematika siswa dalam mengerjakan tes. Dari hasil
penelitian dapat dilihat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman
konsep belajar matematika siswa pada pokok bahasan Persemanaan Linear Satu
Variabel (PLSV) Dengan hasil tes awal 20% dan pada siklus I meningkat menjadi
50% dan pada siklus II menjadi 90% atau ditinjau dari tingkat ketuntasan berpikir
kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa mka dari tes awal diproleh
24 siswa, yang memproleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus I diproleh menjadi
15 siswa, dan pada siklus II menjadi 3 siswa. Dan dapat dilihat dari
ketidaktuntasan siswa pada tes kemampuan awal memproleh 80% dan siklus I 50%
dan pada siklus II memproleh 10%, Dari analisis yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran problem-promting dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa kelas
X Tehnik Sepeda Motor SMK Muhammadiah 9 Medan T.P 2016/2017.