Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12724
Title: Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Model Direct Instruction Pada Siswa SMPIT ANNUR MEDAN T.P 2016/2017
Authors: Hrp, Husni Tamrin
Keywords: Model Pembelajaran Direct Instruction;Pemahaman dan Motivasi Belajar Matematika
Issue Date: Apr-2017
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan model Direct Instruction (DI) dapat meningkatan pemahaman dan motivasi belajar matematika pada siswa SMPIT ANNUR Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model Direct Instruction (DI) dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar matematika pada siswa SMPIT ANNUR Medan T.P 2016/2017. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes dan angket. Tes yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk uraian sebanyak 3 tes yang masing-masing terdiri dari 8 soal, sementara angket dilakukan dengan di isi masing-masing siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPIT Annur yang berjumah 38 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Direct Instruction untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar matematikasiswa pada kelas VIII SMPIT Annur Medan. Dari hasi penelitian dapat dilihat peningkatan pemahaman dan motivasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran, dilihat dari 38 siswa diperoleh jumlah siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 18 (47%) orang dan termotivasi 21 (55%) orang. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat mencapai 29 (76%) orang dan termotivasi 28 (74%) orang. Pada siklus III siswa yang tuntas makin meningkat mencapai 34 (89%) orang dan termotivasi 33 (87%) orang. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunkan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar matematika siswa pada materi lingkaran.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12724
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI HUSNI TAMRIN HRP.pdf2.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.