Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran
menggunakan model Direct Instruction (DI) dapat meningkatan pemahaman dan
motivasi belajar matematika pada siswa SMPIT ANNUR Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah pembelajaran
matematika menggunakan model Direct Instruction (DI) dapat meningkatkan
pemahaman dan motivasi belajar matematika pada siswa SMPIT ANNUR Medan T.P
2016/2017.
Instrument penelitian yang digunakan adalah tes dan angket. Tes yang
digunakan adalah tes tertulis berbentuk uraian sebanyak 3 tes yang masing-masing
terdiri dari 8 soal, sementara angket dilakukan dengan di isi masing-masing siswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPIT Annur yang berjumah 38
orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
Direct Instruction untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar
matematikasiswa pada kelas VIII SMPIT Annur Medan.
Dari hasi penelitian dapat dilihat peningkatan pemahaman dan motivasi
belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran, dilihat dari 38 siswa
diperoleh jumlah siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 18 (47%) orang dan
termotivasi 21 (55%) orang. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat
mencapai 29 (76%) orang dan termotivasi 28 (74%) orang. Pada siklus III siswa yang
tuntas makin meningkat mencapai 34 (89%) orang dan termotivasi 33 (87%) orang.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunkan model
pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi
belajar matematika siswa pada materi lingkaran.