Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12718
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Pada siswa MTs Aisyiyah Sumatera Utara T.P 2016/2017
Authors: Perawansa, Fika Indah
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah;model pembelajaran Means- Ends Analysis
Issue Date: Mar-2017
Abstract: Model Means-Ends Analysis adalah suatu model pembelajaran yang mengoptimalkan kegiatan pemecahan masalah yang memberikan kesempatan kepada siswa belajar dengan aktif mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri melalui pendekatan heuristik. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan Lingkaran semester genap pada siswa kelas VIII MTs Aisyiyah Sumatera Utara T.P 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 29 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran MeansEnds Analysis pada pokok bahasan lingkaran. Jenis penelitian dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data pada penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes awal menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa mencapai 14% (4 siswa), siklus I mencapai 38% (11 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 24%, siklus II mencapai 65.5% (19 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 27.5%, serta siklus III mencapai 93.1% ( 27 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 27.6%. Dengan demikian pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena 75%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Means-Ends Analysis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar pada siswa kelas VIII MTs Aisyiyah Sumatera Utara T.P 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12718
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FIKA INDAH PERAWANSA.pdf2.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.