Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12706
Title: Analisis keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Project Based Learning Pada Siswa SMP Bina Satria T.P 2016/2017.
Authors: Barus, Efri Diana
Keywords: Keefektifan Belajar Matematika Siswa;Model Project Based Learning
Issue Date: Mar-2017
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini : Bagaimana keefektifan Belajar menggunakan Model Project Based Learning Pada Siswa SMP Bina Satria T.P 2016/2017? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Bina Satria T.P 2016/2017, yang berjumlah 34 siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan belajar matematika menggunakan model Project Based Learning. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kuantitatif. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi meliputi : (aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran) dan angket. Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar 54,00 dengan 9 siswa yang tuntas dan 25 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan klasikal sebesar 26,5%. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,7% dengan 29 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 85,37%. Ditinjau dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 77,75% dan berada dalam kategori Tidak Efektif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh persentase sebesar 87,5% dan berada dalam kategori Efektif dalam mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase sebesar 84,7% dan berada dalam kategori Tidak Efektif dalam merespon pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan model Project Based Learning pada materi Lingkaran efektif pada siswa kelas VIII-1 SMP Bina Satria T.P 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12706
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI EFRI DIANA BARUS.pdf1.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.