Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini :
Bagaimana keefektifan Belajar menggunakan Model Project Based Learning Pada
Siswa SMP Bina Satria T.P 2016/2017? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIII-1 SMP Bina Satria T.P 2016/2017, yang berjumlah 34 siswa dan yang menjadi
objek penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan belajar matematika
menggunakan model Project Based Learning. Metode yang digunakan adalah metode
Deskriptif Kuantitatif. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi meliputi :
(aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran) dan
angket. Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar 54,00 dengan 9 siswa
yang tuntas dan 25 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan klasikal sebesar
26,5%. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar
83,7% dengan 29 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang tidak tuntas serta tingkat
ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 85,37%. Ditinjau dari aktivitas siswa
memperoleh persentase sebesar 77,75% dan berada dalam kategori Tidak Efektif
dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran memperoleh persentase sebesar 87,5% dan berada dalam kategori
Efektif dalam mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh
persentase sebesar 84,7% dan berada dalam kategori Tidak Efektif dalam merespon
pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan model Project
Based Learning pada materi Lingkaran efektif pada siswa kelas VIII-1 SMP Bina
Satria T.P 2016/2017.