Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12695
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAzuan, Dedi-
dc.date.accessioned2020-11-17T07:20:36Z-
dc.date.available2020-11-17T07:20:36Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12695-
dc.description.abstractKemampuanpemecahanmasalahmerupakantujuanutamadalampembelajaranma tematika.Padapembelajarankonvensional yang sampaisekarangmasihdominandilaksanakan di Indonesia sebagianpesertadidikterbiasamelakukankegiatanbelajarberupamenghafaltanpadibaren gipengembangankemampuanpemecahanmasalah.Salah satu model pembelajaran yang diharapkandapatmembantupesertadidikberlatihmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajard engan model pembelajaranQuantum learning.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahaktivitassiswadalampembelaja randengan model pembelajaranQuantum learningberpengaruhpositifterhadappeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswa, danapakahsiswa yang mengikutipembelajaraninidapatmemenuhiketuntasanbelajar , demikian pula apakahkemampuanpemecahanmasalahbagisiswa yang mengikutipembelajaraninilebihbaikdaripadakemampuanpemecahanmasalahbagisiswa yang mengikutipembelajarankonvensional.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas, sedangkaninstrumenpenelitianiniadalahlembarobservasidantes.Sebagaisubjekpenelitia niniadalahsiswa/I SMP Muhammadiyah 57 medankelas VII-B tahunpelajaran 2016/2017. Dalampenelitianinisiswakelas VII-B SMP Muhammadiyah 57 Medan berjumlah 35 siswa yang terdiridari 21 siswalaki-lakidan 14siswaperempuan.Hasilpenelitian yang dapatdisajikanolehpenulisadalahsebagaiberikut:Penelitianinidibagiatas IIIsiklus. Dari analisistesawaldiperoleh 5 dari 35 siswa (14,3%) yang mencapaiketuntasan, dan yang belummencapaiketuntasan 30 siswa (85,7%). Hasilbelajarsiswadarisiklus I diperoleh 20 siswa (57,1%) yang mencapaiketuntasan, sementara yang belumtuntas 15 orang (42,9%).Hasilbelajarsiswadarisiklus II diperoleh 25 siswa (71%) yang mencapaiketuntasan, sementara yang belumtuntas 10 orang (29%).Sedangkanuntukhasilbelajarpadasiklus IIIdiperolehsebanyak 31siswa (88,6%) yang mencapaiketuntasan, sementara yang belumtuntassebanyak 4 orang (11,4%).Dengandemikian model inidapatdijadikansebagaialternatifmodel pembelajaran yang efektifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswasecara optimal.en_US
dc.titleUpayaMeningkatkanAktivitas Dan HasilBelajarSiswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.P 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DEDI AZUAN.pdf1.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.